Selasa, 30 Oktober 2018

Mungkin sebagian teman-teman baru mendengar dan sudah mendengar tapi belum terlalu paham??
distorsi kognitif.Distorsi kognitif adalah kesalahan logika dalam berpikir, serta kecenderungan berpikir yang berlebihan serta tidak rasional. Apabila dibiarkan, kesalahan ini akan menjadi kebiasaan, mempengaruhi kondisi emosi kita, serta termanifestasi dalam perilaku. Berikut adalah jenis-jenis distorsi kognitif yang mungkin kita alami:
1. Pemikiran “Segalanya atau Tidak Sama Sekali”
Jenis distorsi kognitif yang satu ini terkait dengan sikap perfeksionisme agan yang berlebihan. Agan selalu pengen apa-apanya sempurna. Perfect, 100% bener, tanpa menoleransi sebuah kesalahan pun.
Agan abis nerima hasil ulangan misalnya. Ternyata nilai agan kurang bagus sehingga agan musti remidi. Padahal track record agan nggak pernah remidi. Agan juga udah mati-matian belajarnya. Agan lalu berpikir kalo agan adalah pelajar yang bodoh, nggak berguna, dan ngerasa usahanya sia-sia.
2. Terlalu Menggeneralisasi (Over-Generalisasi)
Distorsi ini kaitannya sama pengalaman buruk masa lalu agan. Dari pengalaman buruk itu bikin agan trauma kemudian di pikiran agan bikin generalisasi negatif yang belum tentu benar.
Misalnya agan pernah diputusin pacar, padahal bentar lagi udah mau nikahan. Nyeseg banget kan? Nah, saking sakitnya pas putus itu agan trauma kemudian bikin generalisasi kalo “semua cewek sama saja brengseknya.” Kalo distorsinya parah banget, agan bisa milih buat nggak nikah seumur hidup hanya karena takut pengalaman buruknya (putus-gagal nikah) terulang kembali
3. Filter Mental
Distorsi yang satu ini mirip2 sama yang pertama. Bedanya filter mental ini bikin agan-agan selalu mikirin sisi negatifnya aja. Padahal situasi yang sebenernya terjadi tidak seburuk/senegatif kayak apa yang agan kira.
Misalnya agan pas ulangan ngerjain 100 soal. Setelah dikoreksi guru, 13 soal yang agan kerjain salah (cuma betul 87). Dari situ agan kecewa en terus mikirin ketiga belas soal yang salah. Agan nggak peduli fakta kalo nilai agan adalah yang paling tinggi di kelas. Agan malah mikirin 13 soal yang salah, kecewa nggak dapet nilai lebih baik, terus nyalah-nyalahin diri agan sendiri.
4. Mendiskualifikasikan yang Positif
Distorsi ini biasanya timbul karena agan kurang PD sama kemampuan agan. Semua hal-hal positif seperti pujian, hadiah, applause, dan penghargaan dari orang lain malah agan tanggepin secara negatif.
Misalnya ada orang muji penampilan agan, “Wah, cantik banget kamu hari ini.” Alih-alih agan malah mikir “Ah, mereka pasti cuma basa-basi.” Atau misal agan ngerasa kurang dipeduliin sama temen di sekolah. Terus suatu hari pas agan gak bawa uang jajan, ada temen agan yang kasih makan. Alih-alih agan malah mikir “Ah, dia kan nggak ikhlas ngelakuinnya.”
5. Loncatan ke Kesimpulan
Distorsi ini paling jamak dijumpai menurut ane gan. Nah, Loncatan ke kesimpulan negatif ada 2 jenis nih gan:
– Membaca Pikiran
Misalnya agan lagi papasan sama temen agan di jalan. Temen agan nggak nyapa agan, terus agan nyimpulin kalau temen agan lagi ngambek atau nggak suka sama agan.
Padahal mungkin aja temen agan emang lagi sibuk mikirin hal lain, atau sedang keburu-buru ke WC, jadi nggak sempet nyapa agan. Tapi agan udah mikir yang negatif duluan tanpa punya bukti apapun yang menguatkan kesimpulan agan.
Masih ada beberapa hal yang menyangkut tentang distorsi kognitif.  Mungkin sekian dulu.  Terimakasih
Source : https://www.google.com/amp/s/goodnewsfrom.wordpress.com/2015/05/20/apa-itu-distorsi-kognitif-dan-beberapa-jenisnya/amp/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar